Cara Menciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat & Cirinya

Lingkungan kerja yang sehat merupakan dambaan semua pekerja, baik itu karyawan ataupun bos perusahaan. Karena lingkungan kerja yang sehat bisa membantu para pekerja untuk merasa nyaman.

Jadi sangat penting bagi perusahaan untuk memperhatikan lingkungan kerja. Lalu sebenarnya apa itu lingkungan kerja yang sehat?

Apa itu Lingkungan Kerja yang Sehat?

Lingkungan kerja adalah salah satu hal yang sangat mempengaruhi kualitas kinerja. Tentu saja lingkungan kerja yang toxic akan memberikan dampak yang sangat tidak menguntungkan.

Menurut WHO (World Health Organization), lingkungan kerja yang sehat adalah tempat di mana semua pekerja untuk bekerja sama untuk mencapai visi kesejahteraan karyawan, visi kesehatan, dan komunitas. Selain itu hal ini juga berarti jika tempat di mana perlindungan kesehatan psikologis, fisik serta kondisi sosial tersedia dengan baik.

Ada juga beberapa indikator lingkungan kerja yang sehat, seperti:

  • Adanya fleksibilitas kerja.
  • Tingkat turnoveryang rendah.
  • Komunikasi baik.
  • Fleksibilitas kerja.

Ciri-Ciri Lingkungan Kerja Sehat

Ada beberapa ciri-ciri lingkungan kerja yang sehat, antara lain:

1. Adanya Personal Space

Dengan memberikan karyawan personal space, secara tidak langsung perusahaan menyediakan karyawan untuk berinovasi. Hal ini sangat bermanfaat untuk karyawan yang lebih nyaman dalam bekerja sendirian.

Dengan seperti ini, karyawan bisa lebih memaksimalkan kinerja serta bisa memberikan kontribusi yang lebih bagus lagi.

2. Manajemen Baik

Selanjutnya adalah manajemen yang baik, kualitas manajemen menjadi indikator utama dalam menentukan apakah lingkungan kerja baik atau buruk.

Manajemen yang baik bisa menunjukkan jika perusahaan bisa memberikan ruang berpendapat untuk para karyawan. Selain itu, hal ini juga bisa membuktikan jika perusahaan bisa mengelola konflik antar pekerja.

3. Adanya Rekan Kerja Suportif

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ciri-ciri lingkungan kerja yang sehat selanjutnya adalah adanya suportif antara para pekerja. Adanya lingkungan kerja yang sehat tidak bisa terelpas dari budaya dan manajemen yang ada pada perusahaan tersebut.

Cara Menciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat

Setelah kalian mengetahui apa dan ciri-ciri lingkungan kerja yang sehat. Selanjutnya kalian perlu tahu bagaimana cara menciptakan lingkungan kerja yang sehat, antara lain:

1. Selalu Berikan Apresiasi

Memberikan apresiasi merupakan salah satu cara menciptakan lingkungan kerja yang sehat paling mudah. Kalian tidak perlu menunggu pencapaian besar, karena kalian bisa memberikan apresiasi kepada karyawan meskipun pencapaian kecil.

Walaupun terlihat sederhana, memberikan apresiasi bisa meningkatkan kepercayaan diri, energi, dan mood karyawan. Dengan begitu, karyawan bisa lebih antusias serta bersemangat untuk mengerjakan proyek yang lebih besar nantinya.

2. Selalu Dukung Karyawan untuk Berkembang

Selanjutnya adalah mendukung karyawan untuk berkembang. Sejalan dengan poin pertama, mendukung karyawan untuk berkembang bisa dilakukan dengan memberikan rasa keamanan dan kesempatan untuk menyampaikan ide.

Perusahaan juga harus menyediakan fasilitas untuk karyawan mengembangkan ilmu dan skill yang dimiliki. Hal tersebut bisa diwujudkan melalui kegiatan diskusi kelompong, mentoring, dan pelatihan.

3. Berikan Karyawan Kesempatan untuk Berpendapat

Memberikan ruang bagi karyawan merupakan cara utama untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat. Hal tersebut tidak hanya berlaku dalam memberikan personal space, tapi juga ruang untuk berpendapat.

Dengan begitu karyawan bisa lebih enak dalam menyampaikan apa yang mereka rasakan. Perusahaan juga bisa lebih mudah dalam mengidentifikasi masalah serta menemukan solusi untuk masalah tersebut.

4. Kebersihan Lingkungan Kantor

Tips yang terakhir adalah selalu memperhatikan kebersihan lingkungan kantor. Perusahaan harus bisa mempertimbangkan desain tempat kerja para karyawan. Karena dengan kantor yang bersih dan nyaman, sehingga karyawan bisa lebih efektif dalam bekerja.

Nah itulah penjelasan mengenai apa, ciri, dan tips menciptakan lingkungan kerja yang produktif. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam meningkatkan lingkungan kerja yang produktif dan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *