Tips Membangun Lingkungan Kerja Produktif

Tips Membangun Lingkungan Kerja Produktif

Saat kalian bekerja, kondisi lingkungan sekitar sangat mempengaruhi hasil kinerja kalian. Maka dari itu membangun lingkungan kerja produktif merupakan hal yang sangat penting.

Jika kondisi lingkungan kerja kalian penuh dengan tekanan dan suram, maka itu akan berdampak pada kurangnya produktivitas kalian. Pada sisi lain, suasana kantor yang positif dan nyaman akan meningkatkan fokus kerja.

Manfaat Lingkungan Kerja Produktif

Ada beberapa manfaat lingkungan kerja produktif bagi karyawan, antara lain:

  • Mengurangi risiko stres.
  • Membentuk suasan yang nyaman.
  • Meningkatkan keakraban karyawan.

Faktor Lingkungan Kerja Produktif

Selain faktor internal, faktor lingkungan juga sangat mempengaruhi lingkungan kerja produktif. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi lingkungan kerja produktif, seperti:

  • Kondisi Ruangan.
  • Fleksibilitas Pekerjaan.
  • Kondisi keuangan perusahaan yang aman.
  • Membangun fasilitas team building.

5 Tips Membangun Lingkungan Kerja Produktif

Setelah kalian mengetahui faktor dan manfaat lingkungan kerja produktif, kalian juga perlu tau bagaimana cara membangun lingkungan kerja produktif. Berikut ini adalah beberapa tips membangun lingkungan kerja produktif, antara lain:

1. Menciptakan Komunikasi Ramah

Tips yang pertama adalah menciptakan komunikasi yang ramah antar karyawan. Kalian bisa memulai dari berkomunikasi ke atasan, bawahan, atau sesama karyawan, sehingga tidak ada rasa canggung.

Dengan begitu, kalian tidak akan sungkan lagi untuk berbicara santai dengan rekan, atasan, atau bawahan kalian. Selain itu, kalian juga bisa meminta bantuan tanpa rasa ragu.

2. Tidak Mengekang Karyawan

Jika kalian berperan sebagai atasan, sebaiknya kalian jangan mengekang karyawan kalian. Berikan karyawan kalian kebebasan untuk mengeksplorasi diri dan juga berinovasi.

Kebebasan disini bisa berupa pemilihan posisi atau tempat kerja, sehingga karyawan kalian bisa mendapatkan suasana baru untuk meningkatkan produktivitas.

Baca Juga: 5 Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Fresh Graduate

3. Memberikan Ruang Istirahat

Riset membuktikan jika berisitrahat selama 30 menit di siang hari bisa membantu karyawan untuk memulihkan energi mereka. Dengan energi karyawan yang meningkat, produktivitas dari karyawan juga bisa meningkat.

Ruang istirahat juga bisa diguankan untuk karyawan dalam mencair tempat kerja yang tenang atau sekedar menikmati minuman.

4. Memberikan Dukungan Positif ke Rekan Kerja

Ada beberapa tempat kerja yang memiliki rutinitas yang sangat padat dan tugas menumpuk. Dengan demikian tentu bisa membuat karyawan mudah stres. Maka dari itu memberikan dukungan bisa membantu karyawan untuk berkontribusi dengan baik.

5. Konsep Community Minded

Community minded merupakan sebuah cara untuk mengakrabkan diri antar rekan kerja. Konsep ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kerja tim serta menghilangkan canggung antar rekan kerja.

Kalian bisa menerapkan konsep ini dari hal yang paling sederhana, misalnya saja seperti saling bertegur sapa. Dengan begitu, karyawan bisa saling akrab satu sama lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *